PERPUSTAKAAN KELILING

Adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap hari minggu,

Kegiatan perpus keliling dilaksakan pada tempat yang sudah dipetakan

Yaitu:

  1. Desa Celekatakan kecamatan Pulosari
  2. Desa Cikendung kecamatan Pulosari
  3. Dusun Banyumudal kecamatan Moga
  4. Dusun Tumanggal kecamatan Moga

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mendekatkan sarana Buku bacaan kepada anak dan remaja sehingga mendapatkan bahan bacaan sesuai denganĀ  kebutuhan dan motivasi untuk membaca dan belajar meningkat.


PERPUSTAKAAN

Adalah sebuah ruang bacaan yang disediakan oleh relawan Literasi Kampung untuk menyimpan buku serta dapat digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mendapatkan bahan bacaan yang disenangi. Perpustakaan dibuka setiap hari. Beralamat pada Jln. Bandawasa no 49 RT 01/8 Banyumudal. Ruang ini juga digunakan oleh relawan sebagai Base Camp dalam merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan.


SIDE EVENT

Dalam rangka meningkatkan dan menciptkan kegiatan yang ramah terhadap anak dan remaja Literasi Kampung juga menciptakan kegiatan yang dilaksanakan setiap beberapa bulan sekali. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain

  1. Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk anak usia TK dan SD

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptkaan motivasi kepada anak. Dalam kegiatan ini Literasi Kampung selalu bekerjasama dengan mitra, pemuda dan lembaga terkait. Dalam kegiatan ini Literasi Kampung juga selalu memberikan materi serta informasi kepada orang tua anak.

  1. Penanaman Pohon

Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjama antara Literasi Kampung, pemuda, pemerintah desa, dan mitra-mitra lainnya. Pohon yang selama ini ditanam adalah hibah/bantuan yang diberikan oleh Dinas Pertanian Pemalang.

  1. Latihan gamelan untuk warga Banyumudal

Kegiatan latihan gamelan dilakasnakan karena rasa peduli yang dimiliki oleh relawan yang merasa kebudayaan yang ada di kecamatan Moga khususnya dan di kabupaten Pemalang umumnya mengalami kemunduran. Sehingga, sangat diperlukan generasi-genesari penerus yang wajib menjaga kebudayaan yang telah dititipkan oleh nenek-nenek moyang kita sebagai pemersatu masyarakat pada jaman yang lalu.

  1. Pemalang Edu Camp

Adalah kegiatan Literasi Kampung bekerjasama dengan IIWC of PKBI. Dalam kegiatan ini kami melibatkan Relawan Asing dari Asia Tenggara dan Eropa untuk melaksanakan setiap progam kegiatan Literasi Kampung. Sehingga, masyarakat semakin antusias dalam penyampain yang dilakukan oleh relawan Literasi Kampung. Dalam prakteknya Masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan Literasi Kampung dampak yang baik Karen setiap Relawan Asing harus menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi, dampaknya masyarakat termotivasi untuk belajar menguasai Bahasa asing dan kebudayaanya untuk kemudian di perlihatkan kepada Relawan Asing.